UNIT SATPOL PP PARIWISATA KE TUGU INTAN TRISAKTI

Tugu Intan Trisaksi yang berada di Desa Pumpung merupakan tugu yang mengenang bahwa telah diketemukannya batu mulia yaitu intan terbesar dicempaka Banjarbaru yakni Intan Trisakti.

Pada Sabtu, 23/02/2019,  Satuan Polisi Pamong Praja Kota Banjarbaru melalui Unit Satpol PP Pariwisata mengunjungi tugu trisakti yang berlokasi  didesa Pumpung kecamatan Cempaka Kota Banjarbaru.

Tugu intan trisakti tersebut dibangun guna mengenang intan trisakti yang didirikan dan diresmikan pada tahun 1997 oleh Gubenur Kalimantan selatan kala itu Gusti Hasan Aman.

Pada sekitar tugu tersebut terdapat relief yang menggambarkan Aktivitas  warga yang sedang mendulang mencari batu mulia dan acara selamatan warga setempat.  Yang sampai sekarang kegiatan pendulangan masih dilakukan oleh warga setempat yang dilakukan secara tradisional.

Bila kita kecempaka tepatnya didesa pumping kita dapat langsung melihat aktivitas warga yang mencari intan, dan dapat mengetahui cara mencari batu mulia tersebut.

Keberadaan unit Satpol PP Pariwisata ini tidak hanya memberikan rasa aman terhadap pengunjung tapi juga memperkenalkan destinasi wisata yang ada dikota Banjarbaru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *